Kamis, 19 Juli 2012

6 Cara Menggapai Kesempurnaan Puasa

       Imam al-Ghazali menjelaskan enam hal untuk mencapai kesempurnaan puasa, diantaranya :
 
Pertama :
Menahan pandangan dari segala hal yang dicela dan dimakhruhkan, serta dari tiap-tiap yang membimbangkan dan melalaikan dari mengingat Allah.
Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa meninggalkan pandangan karena takut kepada Allah, niscaya Allah menganugerahkan padanya keimanan uang mendatangkan kemanisan dalam hatinya.”

Kedua :
Menjaga Lidah dari perkataab sia-sia, berdusta, mengupat, berkata keji, dan mengharuskan berdiam diri, menggunakan waktu untuk berzikir kepada Allah serta membaca Al-Qur’an. Rasulullah Saw bersabda: “Dua perkara merusakkan puasa yaitu, mengumpat dan berbohong.”

Ketiga :
Menjaga pendengaran dari mendengarkan kata-kata yang tidak baik, karena tiap-tiap yang haram diucapkan maka haram pula mendengarkannya. Rasulullah Saw menjelaskan : “Yang mengumpat dan mendengar, berserikat dalam dosa.”

Keempat :
Mencegah anggota tubuh yang lain dari perbuatan dosa. Seperti mencegah tangan dan kaki dari berbuat maksiat dan mungkar, mencegah perut dari memakan makanan yang syubhat dan haram.

Kelima :
Tidak berlebih-lebihan dalam berbuka sampai perutnya penuh dengan makanan. Orang yang berbuka secara berlebih-lebihan tidak akan bisa memetik manfaat dab hikmah puasa. Bagaimana ia bisa mengalahkan musuh Allah dan mengendalikan hawa nafsunya, jika saat berbuka justru ia memanjakan nafsunya dengan makanan yang berlebihan.

Keenam :
Hatinya senantiasa diliputi perasaan cemas (khauf) dan harap (raja’), karena tidak diketahui apakah puasanya diterima atau tidak oleh Allah SWT. Rasa cemas diperlukan untuk meningkatkan kualitas puasa, sedangkan penuh harap berperanan untuk menambahkan optimisme.
Comments
0 Comments

0 komentar: